Cara Aktifkan Driver Touchpad Precision Microsoft di Laptop Windows 10
Cara Aktifkan Driver Touchpad Precision Microsoft di Laptop Windows 10

Microsoft telah berusaha memperbaiki pengalaman menggunakan touchpad pada laptop Windows 10. Laptop dengan "Precision Touchpads" dioptimalkan oleh piha Microsoft, Precision Touchpads ini mendukung gerakan standar, dan dapat dikonfigurasi dari aplikasi Settings. Sayangnya, kebanyakan produsen PC jaman sekarang kebanyakan memilih untuk tidak menggunakan Precision Touchpads. Sehingga tidak semua laptop bisa menggunakan fitur Precision Touchpads di windows 10, akan tetapi sebenarnya ada cara untuk menginstal driver Precision Touchpad dengan cepat, mau tau caranya?

Simak caranya di artikel ini!

Kami telah menguji fitur Precision Touchpads pada laptop HP Specter x360 13 inci (model 2015) dan pada model Dell Inspiron 14z 14 inci (model 2012). Dengan adanya Precision Touchpads ini pengalaman dalam menggunakan touchpad menjadi lebih menyenangan karana touchpad berubah menjadi lebih baik-menurut kami. Di CES 2017, seorang perwakilan HP mengatakan kepada kami bahwa HP melihat kemungkinan pengguna dapat menggunakan Precision Touchpads di laptop keluaran milik HP tersebut dan sekarang mungkin inilah saatnya.

Bagaimana caranya?

Fitur ini dapat bekerja karena, Touchpad Presisi atau Touchpad non-Precision, laptop umumnya memiliki hardware dasar yang sama. Panel sentuh biasanya dibuat oleh perusahaan bernama Synaptics atau ELAN, dan pabrikan memilih untuk menggunakan standar Precisionpad Touchpad dari Microsoft atau driver dan alat konfigurasi khusus produsen.

Sekarang, buan tidak mungkin kita dapat menginstal driver Precision Touchpad Microsoft di banyak laptop, yang akan membuat Windows memperlakukan touchpad sebagai Precision Touchpad. Fitur ini mungkin saja tidak akan bekerja pada setiap laptop. Anda mungkin akan mengalami masalah pada beberapa laptop karena semuanya tergantung pada hardware yang anda gunakan.

Banyak orang merasakan gerakan umum dan kepekaan pengalaman Precision Touchpad yang disesuaikan dengan Microsoft terasa lebih baik daripada driver standar Synaptics atau ELAN alias touchpad standar biasa.

Periksa Hardware Anda Apakah Sudah  Memungkinan Untuk Dapat Menggunakan Precision Touchpad

Anda dapat memeriksa apakah PC Windows 10 Anda sudah memungkinkan untuk menginstal driver Precision Touchpad dengan cara masuk ke Settings> Devices> Touchpad. Jika Anda melihat teks "Your PC has a precision touchpad", Anda sudah bisa menggunakan Precision Touchpad di laptop anda. Itu berarti Anda sudah memiliki driver, jadi Anda tidak perlu melakukan apapun.

Jika Anda tidak melihat "Your PC has a precision touchpad" -seperti pada gambar di bawah- maka laptop anda tidak dilengkapi driver Precision Touchpad. Anda mungkin dapat meningkatkan responsif panel sentuh dengan memasang driver Precision Touchpad dengan menggunakan petunjuk di bawah ini.

Precision Touchpad
Precision Touchpad
Have a Physical Mouse Ready, Just In Case

Sebaiknya Anda memiliki mouse fisik yang siap, untuk berjaga-jaga. Anda mungkin tidak memerlukannya, tapi kami telah melihat laporan bahwa proses ini dapat menyebabkan touchpad berhenti sementara ketika Anda sedang mengganti drivernya touchpad di Razer Blade dan mungkin laptop PC lainnya. Entah itu mouse USB atau Bluetooth semuanya bisa hanya untuk berjaga-jaga saja jadi pastikan Anda memiliki sesuatu untuk digunakan jika touchpad Anda berhenti bekerja saat melakukan install driver. Tentu saja, Anda selalu bisa menavigasi komputer Anda dengan keyboard atau bahkan layar sentuh, jika laptop anda menggunakan sistem layar sentuh.

Download Driver Touchpad Presisi untuk PC Anda

Anda memerlukan rangkaian penggerak Precision Touchpad yang berbeda bergantung pada touchpad milik anda, apakah PC Anda menggunakan touchpad Synaptics atau yang dibuat oleh ELAN. Anda bisa mengeceknya melalui Device Manager.

Untuk membukanya, klik kanan menu Start dan pilih perintah "Device Manager".

Device Manager Windows 10
Device Manager Windows 10
Expand the “Mice and other pointing options”  Periksa apakah Anda memiliki perangkat input "Synaptics" atau "ELAN". Jika nama panel sentuh di Pengelola Perangkat tidak memberikan indikasi, klik dua kali perangkat untuk membuka jendela propertinya dan periksa produsen yang tercantum. Di sini, kita dapat melihat bahwa perangkat yang diberi label hanya "Dell Touchpad" sebenarnya adalah perangkat masukan Synaptics.

dell touchpad properties
dell touchpad properties
Jika Anda memiliki perangkat "Synaptics", download paket driver Synaptics dari Lenovo. Jika Anda memiliki perangkat "ELAN", download driver ELAN dari Softpedia.

device manager touchpad
device manager touchpad
Setelah mendownload driver, ekstrak mereka ke direktori sementara di PC Anda (bebas).

extrack touchpad driver
extrack touchpad driver
Cara Menginstall Driver Touchpad Presisi

Proses ini melibatkan penggantian driver touchpad Anda, dan seharusnya cukup sederhana. Namun, sebaiknya Anda berhati-hati saat menggunakan Device Manager. Jika Anda mengikuti petunjuk di bawah dengan saksama, Anda seharusnya tidak memiliki masalah. Sekalipun proses ini menghancurkan driver touchpad Anda atau menyebabkan masalah lain, Anda akan dapat menginstal ulang driver panel sentuh dari situs web produsen Anda untuk memperbaiki berbagai hal (jadi intinya tidak akan terjadi hal yang merugikan secara permanen).

Anda mungkin juga ingin restore point di sistem windows anda, sehingga Anda dapat dengan mudah kembali ke driver lama Anda jika perlu. Ikuti petunjuk dalam panduan Sistem Restore untuk membuat restore point baru, kemudian instal driver baru menggunakan teknik yang akan kami tunjukkan kepada Anda di bawah ini.

Untuk memulai, klik kanan perangkat touchpad Synaptics atau ELAN di bawah kategori "Mice and other pointing devices" di Pengelola Perangkat, lalu pilih perintah "update driver".

update driver touchpad
update driver touchpad
Click the “Browse my computer for driver software” option.

installation touchpad option
installation touchpad option
Pada halaman berikutnya, klik opsi "Let me pick from a list of available drivers on my computer” option.

update driver option
update driver option
Pada halaman berikut, klik tombol "Have Disk" di sudut kanan bawah jendela

install touchpad microsoft
install touchpad microsoft
Di jendela "Install From Disk" yang muncul, klik tombol "Browse".

tutorial instal touchpad
tutorial instal touchpad
Arahkan ke folder sementara tempat Anda mengekstrak driver Synaptics atau ELAN Precision Touchpad.

Pilih file "Autorun.inf" di folder itu, lalu klik tombol "Open". Klik "OK" setelahnya.

touchpad autorun
touchpad autorun
Pilih opsi "PSynaptics Pointing Device" atau "ELAN Pointing Device" di daftar model, lalu klik tombol "Next".

synaptics pointing
synaptics pointing
Anda akan melihat peringatan yang mengatakan bahwa Windows tidak dapat memverifikasi bahwa driver kompatibel dengan perangkat keras Anda. Ini normal. Untuk melanjutkan proses dan melihat seberapa baik driver Precision Touchpad bekerja pada laptop Anda, klik tombol "Yes".

update driver sympatics
update driver sympatics
Windows secara otomatis menginstal driver. Restart PC Anda setelah proses selesai untuk mengaktifkan driver Precision Touchpad baru Anda.

install touchpad done
install touchpad done
Cara Memastikan Bahwa Driver Sudah Terinstal

Saat semuanya selesai, Anda dapat menuju ke Settings> Devices> Touchpad. Anda harus melihat kata-kata "Your PC has a precision touchpad," yang mengindikasikan bahwa driver Precision Touchpad sedang bekerja. Anda dapat menggunakan layar pengaturan Touchpad di sini untuk menyesuaikan isyarat, sensitivitas, dan fitur lainnya dari touchpad Anda.

touchpad precision installed
touchpad precision installed
Tips Mengatasi Masalah

Pada Razer Blade dan mungkin laptop lainnya, touchpad laptop tersebut kabarnya akan berhenti bekerja setelah Anda melakukan boot ulang PC setelah menginstal driver Precision Touchpad. Anda bisa memperbaikinya dengan mencari update driver Precision Touchpad.

Untuk melakukannya, kembali ke Device Manager, klik kanan perangkat Touchpad Anda, lalu pilih "Update driver" sekali lagi. Di jendela "Bagaimana Anda ingin mencari driver?" Yang muncul, klik "Search automatically for updated driver software" untuk mendownload driver Precision Touchpad terbaru yang tersedia untuk Microsoft.

update driver razer
update driver razer
Pada laptop Razer Blade, touchpad tampaknya berhenti berfungsi setelah PC masuk ke standby juga. Menurut dustytouch di Reddit, Anda bisa memperbaiki masalah ini dengan menurunkan driver Precision Touchpad Anda.

Thread Reddit asli dimana trik ini pertama kali diposkan secara online adalah tempat yang tepat untuk menemukan lebih banyak tip pemecahan masalah dan laporan tentang apakah teknik ini sesuai dengan model laptop Anda yang spesifik.

Cara Roll Back ke Driver Touchpad Original Laptop Anda

Jika Anda mengalami masalah dengan touchpad dan lebih suka menggunakan driver panel sentuh standar, pergilah ke situs web produsen laptop Anda. Temukan halaman download untuk model laptop spesifik Anda, download driver touchpad, dan pasanglah. Paket driver pabrikan akan mengganti driver Precision Touchpad yang Anda pasang dengan driver pabrik asli. Atau, jika Anda mengambil langkah untuk membuat restore point, Anda dapat mengembalikannya ke titik itu. Ingatlah bahwa memulihkan ke point tertentu akan membatalkan perubahan besar lainnya-seperti instalasi driver dan aplikasi-Anda telah berhasil sejak menciptakan point itu.
Next
This is the most recent post.
Previous
This is the last post.

0 comments:

Post a Comment

 
IT Males © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top